Minggu, 12 Mei 2013

Hukum Memiliki Khodam Jin



Al-Quran surah Al-Jin ayat 6, yang terjemahnya: Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan.

Ada beberapa perbedaaan pendapat dari ulama ulama tentang masalah penggunaan jin :


Meminta bantuan kepada jin adalah perkara yang boleh selama bukan dalam perkara maksiat kepada Allah. namun kendati pun demikian, saya memandang agar hal itu dihindari pada zaman ini, mengingat kebodohan yang sangat menyelimuti umat. Sehingga banyak diantara mereka yang tidak mengerti tentang perkara yang mubah maupun perkara yang mengandung maksiat, serta ketidak tahuan mereka tentang tata cara yang boleh atau yang melanggar agama. Sedangkan apabila meminta tolong dalam perkara maksiat, maka itu dapat menjatuhkan pelakunya kedalam keharaman bahkan bisa terjatuh kedalam kekafiran yang mengeluarkan dari agama.

Kenapa saya bilang seperti itu ?? karena sekarang banyak yg menyalahgunakan ini alasannya :

Meminta bantuan kepada mereka dalam perkara yang diharamkan seperti mengambil harta orang lain, menakut-nakuti mereka atau yang lainnya. Maka hal ini sangat diharamkan dalam agama. Kemudian apabila menggunakan cara kesyirikan maka meminta tolong kepada mereka adalah bentuk syirik, apabila wasilah tersebut tidak syirik maka akan menjadi perkara yang maksiat. Seperti apabila ada jin yang fasiq berteman dengan jin yang fasiq, lalu manusia tersebut meminta bantuan dalam berkara dosa dan maksiat. Maka meminta bantuan yang seperti ini hukumnya maksiat dan tidak sampai kepada derajat syirik.

10 komentar:

  1. Assalamu'alaikum Warhmatulahi Wabarakatuh
    Maaf kang mau nanya apabila berteman dengan jin muslim itu tidak apa apa kan selama tidak memasuki larangan larangan agama islam ..
    memiliiki ISIM itu hukumnya apa kang mohon pencerahannya

    BalasHapus
  2. Mintalah hanya kepada ALLAH semata. Jgn meminta kepada selain ALLAH. Siapa yang meminta kepada selain ALLAH maka dia telah melakukan ke syirikan.

    BalasHapus
  3. Wah somplak jg achmad alfarisy sesatlu.. memboleHkan meminta kepada selain ALLAH.. ini adalah ajaran sesat. CepatlaH bertobat minta ampun kepada ALLAH..

    BalasHapus
  4. hati hati kang ,minta bantuan hy pada ALLAH S.W.T derajad JIN masih dibawah MANUSIA terkabul dan tdknya itu tergantung amal kita .mhn maaf hy itu yg saya th maklum ilmu agama msh cetek

    BalasHapus
  5. Sebanarnya. Sama juga kita pertolongn sama Polis. Adakh syirik?... Kita kena jugk hukum. Jika tidak tau jangn ambil Khodam..... Jin jugk mkhluk ALLAH.... Apa2 pun kita yakin pada ALLAH....

    BalasHapus
  6. Minta tolong kpd yg msh hidup dari bangsa sesama manusia boleh asal hatinya tidak bergantung pd yg dimintai tolong. Kalau jin ya... ceritanya beda lagi... hukumnya tetap haram apapun alasannya.

    BalasHapus
  7. Minta tolong kpd yg msh hidup dari bangsa sesama manusia boleh asal hatinya tidak bergantung pd yg dimintai tolong. Kalau jin ya... ceritanya beda lagi... hukumnya tetap haram apapun alasannya.

    BalasHapus
  8. Saya juga mau nanya, saya punya kenalan dia itu sering membagakan kalau dia punya khodam.
    Tapi orang trsebut mengakui jika tidak sholat dan dzikir dia akan merasa panas. Kalau itu di sebut apa yah?
    , soalnya aku masih bingung sama orang yg punya khodam. Terimakasih

    BalasHapus