Senin, 13 Mei 2013

Takdir Mubram dan Takdir Muallaq




Apa sih bedanya Takdir Mubram dan Takdir Muallaq ?

1. Takdir Mubram : 

Yaitu takdir Allah yang tidak dapat diubah, tidak dapat memilih serta tidak memiliki kemampuan untuk mengubahnya. Takdir Mubram ini terdapat pada sunnatullah yang ada di alam raya ini. salah satu contohnya adalah Kelahiran dan Kematian manusia.


Salah satu contohnya adalah perjalanan matahari, bulan dan planet-planet lainnya sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan Allah. Oleh karena itu, sunnatullah tersebut juga terbagi dua yaitu hukum-hukum kemasyarakatan dan hukum alam. Dalam AL-Quran surat al- Fushilat ayat 11 dinyatakan bahwa sekali-kali tidak akan pernah terjadi perubahan pada sunnatullah.

Contoh: Ada orang yang dilahirkan dengan mata sipit, atau dilahirkan dengan kulit hitam sedangkan ibu dan bapaknya kulit putih dan sebagainya.

2. Takdir Muallaq : 

Yaitu takdir yang dikatkan dengan sesuatu yang lain. Takdir ini dapat diubah dan manusia diberi akal dan hati nurani untuk memilihnya, karena pada prinsipnya dalan kehidupan ini, ada sisi-sisi positif dan negatif yang akan selalu mengikuti perjalanan panjang manusia. Sisi positif dan negatif tersebut disebut dengan takdir dalam kontek takdir muallaq atau kata lain adalah Nasib.

Contoh nya : Misalnya anda di besarkan dari keluarga tidak mampu,anda ingin merubah kehidupan keluarga anda, anda berusaha dan berdoa hingga anda mendapatkan apa yang anda cita citakan memperbaiki kehidupan keluarga anda itulah takdir muallaq. Kesungguhan dari anda dan anda mau ber Doa memohon Kepada Allah SWT itulah takdir muallaq.

10 komentar:

  1. thanks ea sob . .semoga bermanfaat . .

    BalasHapus
  2. artikel yang kacau gak seruh sangat membingungkan tau

    BalasHapus
  3. Sip ada pengertian ada comtoh

    BalasHapus
  4. Contoh lain Takdir mubram yg tidk dpt diubah ialah jenis kelamin..sampai kapan pun tdk dpt diubah krn struktur tulang pria dan wanita sudah sangat berbeda namun dengan takdir muallaq (usaha manusia) wujud mereka dpt diubah tetapi tidak pd hakikatnya sehingga ketika solat atau meninggal akan tetap seperti jenis kelakin awal.. contoh lain takdir mubram yaitu air pasti selalu mengalir dr tempat tinggi ke tempat terendah namun dengan kuasa allah dan usaha manusia bisa merubah aliran air dari bawah tanah air dpt mengalir keatas gedung..kurang lebih seperti itu semoga bermanfaat..amin

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat,menarik,dan bnyak ilmunya. terimakasih ya.
    boleh kunjungi blog saya, citracahyaning.blogspot.com

    BalasHapus